Telusuri Bangunan Bersejarah dan Kuliner di Kota Tua


Kalau bercerita mengenai kota Jakarta pasti yang terlintas di benak kita adalah Ibukota yang penuh dengan hiruk pikuk dan kemacetan yang tiada akhir. Tapi tahukah kalian jika di Jakarta sendiri memiliki banyak tempat bersejarah yang wajib untuk kalian kunjungi. Salah satunya adalah kawasan Kota Tua.
Bila memasuki kawasan satu ini kita seperti tidak berada di Jakarta melainkan seperti berada di Belanda. Yaa karena di kawasan ini masih banyak sekali bangunan-bangunan Belanda yang masih berdiri dan dijaga hingga saat ini.

Selain memiliki banyak tempat yang cocok menjadi tempat foto, di kawasan kota tua ini sesekali kita kita juga dapat melihat kebudayaan ciri khas betawi. Salah satu yang saya temui saat sedang berada di kawasan Kota Tua ini adalah adanya salah satu komunitas beladiri khas betawi . Beladiri khas betawi tersebut biasa kita kenal dengan pencak silat, yang saat ini hanya dapat kita lihat di acara pernikahan masyarakat betawi atau pertunjukan-pertunjukan tertentu saja.





Setelah menilik sedikit mengenai salah satu kebudayaan betawi, sekarang waktunya untuk memulai keseruan di kawasan Kota Tua. Jadi pada hari Sabtu 24 November kemarin saya berkesempatan menghadiri acara Happy Race yang diadakan oleh Happy One dan juga Viva.co.id
Seluruh peserta yang hadir berkumpul di Historia Cafe, untuk melakukan breakfast dan juga dijelaskan mengenai rundown acaranya. Setelah itu kami yang telah dibagi kedalam 10 tim berkumpul dengan tim masing-masing. Dimana disetiap 3 tim terdapat 1 tour guide yang akan menjelaskan kepada kami mengenai sejarah-sejarah yang terdapat di Kota Tua. Selain harus mendengarkan dan mengingat sejarah apa saja yang dikatakan, kami juga diberikan challenge pertama untuk dapat mengabadikan gambar yang berhubungan tentang happy me, happy edu, happy trip, dan juga happy home.Terus apasih maksudnya dari challeng tersebut?

1. Happy Me

Happy me sendiri merupakan gambar yang menceritakan tentang kebahagian diri kita sendiri saat berada di suatu tempat. Di dalam foto ini saya berfoto dengan backgroundnya adalah Kali Besar Kota, danbangunan-bangunan kuno pada jaman Belanda dimana salah satu yang terkenalnya adalah Toko Merah.



Kali Besar Kota Tua ini dulunya terkenal dengan nama De Groote Rivier, merupakan jalur yang digunakan untuk mengangkut rempah-rempah ke Pelabuhan Sunda Kelapa. Maka tidak heran jika disekeliling Kali Besar ini terdapat banyak bangunan yang bernuansa kolonial. Dikarenakan pada masanya bangunan-bangunan tersebut banyak ditempati oleh Bangsawan serta orang-orang kaya. Yang paling menarik perhatian adalah terdapat satu bangunan yang semuanya bewarna merah. Bangunan tersebut awalnya merupakan toko yang digunakan untuk berjualan oleh bangsa China. Hingga pada tahun 1755 toko tersebut berudah menjadi sekolah Akademi Militer Angkatan Laut (Academie De Merine). Lalu Toko Merah juga sempat menjadi sebuah hotel hingga menjadi tempat pembantaian etnis China yang ada. Sedangkan pada saat ini Toko Merah paling sering digunakan untuk orang melakukan foto Prewedding.

2. Happy Home

Berada di rumah yang nyaman dan dikelilingi oleh orang-orang tersayang merupakan impian dari setiap orang. Namun tak jarang kita menemukan rumah yang telah ditinggal oleh penghuninya dan tidak terurus sama sekali. Salah satunya adalah rumah yang ada difoto saya dibawah ini, dengan ciri khas bangunan di zaman kolonial, rumah ini sudah tidak terurus lagi. Yang tersisa hanya bangunan tua yang dikelilingi oleh juntaian akar pohon yang umurnya pun telah ratusan tahun. Meskipun tidak berada di rumah yang sesungguhnya tapi saya sangat senang karena dapat berada ditengah-tengah anggota kelompok yang seperti keluarga sendiri di hari itu.



3. Happy Edu

Selain bermain dan menikmati sejarah yang ada kita juga mendapatkan challenge untuk mendapatkan potret keceriaan anak-anak. Kebetulan sekali saat sedang berjalan-jalan di sekitar Kali Besar terdapat rombongan anak-anak yang baru saja turun dari bus wisata mereka. Hal ini menunjukkan bahwa dari kecil pun anak-anak ini sudah diajarkan mengenai sejarah yang ada di kotanya. Apalagi mereka yang sangat teramat telihat antusias dalam acara jalan-jalannya kali ini.



4. Happy Trip

Hal yang paling menyenangkan berikutnya tentu saja jalan-jalan bareng sama tim sekelompok aku. Jadi selesai mendengarkan penjelasan mengenai sejarah-sejarah yang ada di sekitar Kota Tua kita diberikan Challenge untuk ke post selanjutnya. Berhubung lokasinya lumayan jauh dan akan wasting time bila kita berjalan kaki, kita pun memutuskan untuk naik BAJAJ. Iya kita berlima ada dalam 1 Bajaj, sama abang bajajnya jadi 6 orang lah yaa hehehe. Menurut aku itu paling gak bisa dilupain sih, karena disaat tim lain naik taksi, ojek online, jalan kaki, tim aku malah naik Bajaj. Terus yang lebih serunya lagi abang Bajajnya bawa Bajajnya bener-bener ngebut dan ngeles sana ngeles sini, sampai kita ketawa-ketawa di dalam Bajajnya.


Lokasi yang kita tuju saat itu adalah salah satu tempat ibadah tertua bagi masyarakat China. Lokasinya sendiri berada di daerah Pecinan, yang sangat kental dengan budaya Chinanya. Nama Wiharanya sendiri adalah Wihara Dharma Bhakti,yang didirikan oleh seorang Letnan Tionghoa yang bernama Kwee Hoen. Di dalam Wihara ini terdapat beberapa aliran yang melakukan ibadah di tempat ini diantaranya Taois Confucianis, serta Budhis Mahayana. Wihara ini pernah terbakar di tahun 1740 saat pembantaian etnis China dan juga tahun 2015.
Di dalam Wihara ini terdapat banyak lilin berukuran besar yang selalu menyala. Para penganutnya sendiri percaya bahwa nyala lilin yang terus menerus tersebut dapat membawa keberuntungan bagi mereka.

Setelah berkeliling Wihara Dharma Bakti kami pun diberikan beberapa pertanyaan untuk dijawab. Dimana 1 jawaban yang benar akan diberikan hadiah berupa 1 buah roti. Berhubung tim kami berhasil menjawab 3 buah pertanyaan kami pun mendapatkan 3 buah roti yang disertai dengan clue selanjutnya.
Lokasi yang harus dituju selanjutnya adalah KEDAI KOPI LEGENDARIS. Namun sebelum tiba di kedai kopi tersebut kita diharuskan untuk membeli manisan atau permen warna-warni. Dimana setiap warnanya itu melambangkan dari HAPPY ONE. Kalau saya tidak salah ingat itu harus terdapat warna biru, pink, hijau, ungu, dan kuning. Setelah mencari dan bertanya ke warga sekitar akhirnya kita menemukan bahwa kedai kopi yang dimaksud di dalam clue adalah Kedai Kopi Es TAK KIE.

Kedai kopi ini sering juga disebut dengan kedai seribu sejarah oleh para pengunjungnya. Mengapa disebut demikian? Karena kedai ini telah berdiri dari tahun 1927. Selain itu nama ''TAK KIE" juga memiliki makna yang sangat dalam yaitu "Tak" yang berarti orang yang bijaksana, sederhana dan tidak macam-macam. Serta "Kie" yang berarti mudah diingat orang. Saat pertama kali menginjakkan kaki dikedai ini memang terasa sekali nuasa jaman dulu yang masih sangat kental. Sepertinya bangunan kedainya sendiri memang tidak banyak dilakukan perubahan agar para pengunjungnya dapat merasakan nuansa lawas tersebut. Selama menunggu es kopinya dibuat kami pun diberikan sebuah amplop dan juga sobekan-sobekan kertas, seperti kertas arisan untuk menuju clue berikutnya. Saat sobekan kertas itu dibuka muncul angka 2, dan sampai disitu kami belum punya firasat apapun. Setelah kami mengambil es kopinya, kami pun langsung berlari mengikuti petunjuk arah dari kertas yang kami dapat. Tetapi sayangnya kami sempat sa;ah membaca clue sehingga nyasar ke arah yang berlawanan. Setelah menemukan arah yang benar kami pun tiba di salah satu restoran khas sanghai.


Saat tiba di restoran tersebut kami diberikan 2 porsi makanan yang sepertinya masih sangat asing, alias baru kita lihat hari itu. Ternyata nama makanannya adalah "RUJAK SHANGHAI" dari tampilannya sedikit aneh karena ada cairan bewarna merah dan diatasnya terdapat taburan sesuatu yang aku pikir adalah taburan kacang tanah giling, karena rujak biasanya pake kacang tanah. Setelah dibedah isinya ternyata terdapat kangkung, sedikit potongan timun, dan terdapat potongan putih yang dikira adalah potongan lobak. Setelah dicoba rasanya sangat teramat aneh, karena rasanya sangat asam, terasa rempah-rempah dan bawang putih, terus potongan-potongan putih itu rasanya kenyel-kenyel. Setelah dicari tau ternyata itu bukan lobak melainkan cumi-cumi dan gurita. Jujur aja saat sedang memakan makanan tersebut kelompokku sudah gak kuat menghabiskannya, dan sempat beberapa kali saling bergantian mau muntah. Tetapi karena kita udah komitmen sejak awal bahwa kita semua harus totalitas, akhirnya habis juga 2 piring Rujak Shanghai yang rasanya sangat teramat baru itu. Oiya ada rahasia juga kenapa akhirnya kami bisa menghabiskan rujak shanghai itu, karena setiap mulai muncul rasa enek aku dan temen-temen minum es kopi yang kita bawa dari kedai kopi Tak Kie tadi. Dan beneran es kopi tersebut sangat teramat bisa menetralisir rasa enek yang kita alami.


Akhirnya setelah selesai kami berhasil mendapatkan clue terakhir dari Challenge di Happinest Race ini. Dimana Challengenya adalah mencari tempat teh terkenal untuk menyusun rangkaian puzzle yang ada. Awalnya dikira kita disuruh minum teh lagi, soalnya jujur aja perut udah gak kuat karena kekenyangan. Tetapi ternyata saat tiba di tempat tersebut kita hanya perlu memilih angpao yang ada di masing-masing teko teh. Angpao tersebut berisi poin tambahan yang akan didapatkan oleh team kita. Setelah memilih angpao kami menyusun setiap gambar yang kami peroleh dari 4 challenge yang telah diberikan. Dimana tujuan akhir kita adalah kembali ke Cafe Historia. Setelah jalan, naik angkot, jalan lagi, kami meminta anggota team kami yang laki-laki satu-satunya untuk berlari menuju cafe terlebih dahulu sebagai perwakilan dari team, karena saya dan anggota lainnya sudah tidak sanggup lari lagi. Ternyata team kami berada di urutan kedua team yang berhasil menyelesaikan Challenge pada hari itu.

APAKAH CHALLENGE SUDAH BERAKHIR???
SAYANGNYA BELUM

 Saat sedang asik-asik beristirahat tiba-tiba saja tim panitia memanggil perwakilan setiap tim untuk menyelesaikan games terakhir itu. Untungnya kali ini bukan harus mencari clue lagi, tetapi disuruh membuat "BIR PLETOK".
Bir Pletok sendiri merupakan minuman tradisional Betawi yang dibuat dari aneka macam rempah. Dimana sejarahnya, pada zaman dahulu orang betawi yang mayoritas beragama islam mencari minuman yang dapat menghangatkan badan, sebagai pengganti dari minuman berakohol. Akhirnya mereka mencari rempah-rempah yang memiliki manfaat menghangatkan badan tersebut diantaranya terdapat : jahe, kayu manis, cengkeh, sereh, daun pandan. biji pala, daun salam, gula pasir dan yang membuat warna bir pletok menjadi merah adalah akar kayu secang atau dapat juga diganti dengan jahe merah. Alasan dinamakan bir pletok sendiri karena saat proses pembuatannya terdengar suara "pletok pletok" makanya diberi nama "Bir Pletok"

Pada masa itu bir pletok kebanyakan diminum dalam kondisi panas, karena tujuannya memang untuk menghangatkan badan. Namun seiring perkembangan zaman bir pletok juga dapat dihidangkan menjadi cocktail yang dicampur dengan aneka bahan tambahan lainnya. Bila dalam gambar disamping bir pletoknya bewarna merah, itu karena saat sudah matang bir pletok dimasukan ke dalam gelas lalu dimasukan batu es dan juga jeruk nipis dan dikocok-kocok. Sehingga warnanya sendiri berubah dari merah menjadi kuning. Di dalam Challenge terakhir ini saya yang mewakili team saya untuk membuat cocktail ala-ala dan alhamdulillah terpilih menjadi urutan kedua, yang artinya ada tambahan poin lagi untuk team. Sepertinya karena team kami merupakan team 2 jadinya menyelesaikan challenge apapun selalu berada di urutan kedua yaaa hehehe.

Saat yang ditunggu-tunggu pun tiba yaitu pengumuman pemenang dari acara seru hari ini. Tidak disangka usaha dan kerja keras kami semua akhirnya berbuahkan hasil yang sangat membahagiakan, dimana team 2 yang biasanya berada di urutan kedua ternyata berhasil meraih juara 1 di Happinest Race


 pada hari itu. Terlihat kan wajah bahagia aku dan juga teman-teman satu team lainnya sampai-sampai tulisan juara 1 beserta hadiahnya jadi terbalik gitu x_x. Pokoknya hari itu merupakan hari yang sangat menyenangkan dan tidak terlupakan khususnya untukku. Soalnya itu merupakan pertama kali aku ikut kegiatan yang seru banget kaya gitu. Selain itu kita semua juga tidak takut untuk berlarian sana sini karena kita terlindungi asuransi kecelakaan dari HAPPYONE.ID :)
Oiya untuk teman-teman yang mau melakukan kegiatan-kegiatan seru dapat langsung cek https://www.happyone.id/ agar setiap hal dalam hidup kita selalu terjaga dan juga aman terkendali.
See you on my next blog with other experience :)














Comments

Post a Comment

Popular Posts